Back to Articles

Perawatan Perangkat Lunak (Software)

Friday, 12 May 2023

preview image

Si Grammer sering menjumpai banyak klien dengan berbagai macam karakter. Suatu ketika, si grammer mengajukan beberapa lembar yang berisi penawaran pengerjaan software yang sesuai dengan kebutuhan si klien selalu mendapatkan pertanyaan yang seringkali muncul, yaitu :

  1. "Apa perlu program ini di-maintenance ?"
  2. "Program kan seharusnya sudah canggih jadi tidak perlu dirawat ?"
  3. "Sepertinya fitur yang dimiliki ini sudah cukup, jadi tidak perlu diperbaiki."
  4. "Ini programnya simpel, jadi tidak perlu macam-macam lah"

Pertanyaan tersebut seringkali muncul di pikiran si grammer untuk merangkai kalimat yang tepat untuk mengeluarkan jawabannya. Kata Maintenance bila diterjemahkan ke bahasa indonesia memiliki arti pemeliharaan atau perawatan. Di zaman digital ini perangkat lunak menjadi salah satu bagian yang paling kuat dalam pengambilan keputusan oleh para pemimpin bisnis. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari kita juga berhadapan dengan aplikasi perangkat lunak melalu gadget yang kita gunakan. Perangkat lunak sudah tersebar luas dan dipakai di setiap gadget atau alat teknologi dan selalu memberi informasi data yang benar-benar dibutuhkan untuk menentukan pengambilan keputusan tiap individu dan sekelompok orang.

Oleh karena itu, pemeliharaan perangkat lunak menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh pengguna sistem informasi. Lalu bagaimana aktivitas yang dilakukan untuk merawat perangkat lunak ?

  1. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang tidak terdeteksi sewaktu melakukan pengujian program.
  2. Menjaga supaya sistem selalu update serta meningkatkan kinerja sistem.
  3. Mengikuti perkembangan perangkat keras (hardware)

Dari 3 aktivitas di atas, kita dapat mengetahui bahwa perangkat lunak bisa berakibat fatal seperti perangkat keras bila tidak dirawat sama sekali. Resiko perangkat lunak bila tidak diperbaharui :

  1. kinerja sistem akan kacau (terus bermunculan error yang tidak terduga).
  2. Sistem dapat menampilkan data yang tidak sesuai.
  3. Kinerja sistem mengalami penurunan.

back to top